Select Language    
CD Bethesda adalah lembaga nonprofit yang peduli dengan pelayanan kesehatan dan membantu masyarakan terpencil, khusunya di pedesaan. Secara struktur organisasi , CD Bethesda adalah salah satu unit mandiri dari RS Bethesda dan berada di bawah koordinasi YAKKUM (Yayasan Kristen untuk Kesehatan Umum) sebagai salah satu yayasan pelayanan kesehatan terbesar di Indonesia.

CD Bethesda berdiri pada tahun 1974, di mana berdirinya lembaga ini dideklarasikan pada Rapat Rencana Kerja Yakkum setelah ditetapkan bahwa masing – masing unit Yakkum harus menyebarkan pelayanan mereka lebih komprehensif melalui usaha pengembangan kesehatan, untuk melayani masyarakat yang tidak dapat mengakses pelayanan kesehatan sebelumnya. CD RS Bethesda memulai aktivitas pertamanya dengan membangun Pusat Pengembangan Desa di Tamanmartani, Yogyakarta dan menyelenggarakan program pelatihan pertanian ;yang diberi tema “Program Pelatihan Kepemimpinan Pemuda Desa”. Program yang ditujukan untuk masyarakat dalam pembasmian hama tanaman di Kecamatan Kalasan, Sleman, Yogyakarta.

Sejak tahun 1979, CD Bethesda mulai menentukan langkah strategisnya sebagai lembaga pelayanan kesehatan secara holistik, untuk mendukung pembentukan masyarakat yang makmur, sehat dan mandiri. Hal ini muncul sebagai hasil refleksi CD Bethesda pada waktu itu, dan diinspirasi oleh Deklarasi Alma Ata, menyebutkan tentang Pelayanan Kesehatan Primer oleh WHO-Unicef pada tahun 1978 dan kesadaran akan pentingnya pelayanan kesehatan holistik. Kami sadar bahwa “Pelayanan yang dilakukan oleh CD Bethesda bukan pelayanan holistik, jadi harus dirubah dan diintegrasikan dengan pelayanan rumah sakit.” (testimoni drg. Paulus , Rumah Sakit Tanpa Dinding, hal. 8). Sejak saat itu, CD Bethesda menjalankan mandat RS Tanpa Dinding dengan menempatkan strategi sebagai lembaga pelayanan kesehatan holistik dan primer sampai dengan sekarang ini.

Pada awal pendiriannya sampai dengan tahun 1986, CD Bethesda dipimpin oleh drg. Paulus H. Santosa, kemudian dr. Guno Samekto dan sebagai koordinator operasional Drs. Widodo HS (1986 - 1991), Sigit Wijayanta,SH,M.Kes,Ph.D (1991-2001), Drs. Andreas Subiyono (2001-2004), dr. Sugiyanto, Sp.S, M.Kes, Ph.D (2004 – 2005), dan  Paula Hartyastuti, S.S (2005-sekarang)

Berita Terbaru
 
Kamis, 11 November 2010, 00:22 WIB
Viewed : 403800 times
PENGUNGSI MULAI MENYEBAR DI MASYARAKAT

Merespon erupsi Merapi, hingga tanggal 10 November 2010, CD Bethesda area Yogyakarta melakukan kerja-kerja kemanusiaan. Acuan konsep yang digunakan menurut Badriyah, area manager wilayah DIY, adalah tidak mengambil alih

More...
Selasa, 09 November 2010, 00:06 WIB
Viewed : 421390 times
Posko ORA Merapi Klaten Bergerak Cepat

Di area DIY-Klaten CD Bethesda memiliki 31 organisasi rakyat (ORA) sebagai mitranya, 3 ORA di antaranya berada di Kabuapten Klaten Jawa Tengah. Salah satu dari 3 ORA Klaten berada di Desa Sidorejo Kecamatan Kemalang, yang

More...
indeks berita