PROGRAM PELAYANAN KESEHATAN PRIMER

Advokasi menurut John Hopkins adalah usaha untuk mempengaruhi kebijakan publik melalui berbagai macam bentuk komunikasi persuasif. Di bidang kesehatan, istilah advokasi telah digunakan dalam program kesehatan masyarakat oleh WHO sejak tahun 1984 sebagai salah satu strategi global Pendidikan dan Promosi Kesehatan. Advokasi telah ditetapkan oleh WHO sebagai salah satu strategi dalam mewujudkan visi dan misi Promosi Kesehatan secara efektif selain strategi social support dan empowerment. Advokasi diartikan sebagai upaya pendekatan kepada orang lain yang dianggap memiliki  pengaruh terhadap keberhasilan suatu program atau kegiatan yang dilaksanakan. Oleh karena itu yang menjadi sasaran advokasi adalah para pemimpin atau pengambil kebijakan baik di institusi pemerintah maupun swasta. (digilib.unila.ac.id)

Untuk konteks kesehatan, advokasi kebijakan kesehatan adalah tindakan mempengaruhi/mendukung sesuatu yang berkaitan dengan kebijakan publik seperti regulasi dan kebijakan pemerintah terkait kesehatan. Di dalam advokasi kebijakan, dilakukan upaya untuk mengingatkan pemerintah agar selalu konsisten dan bertanggung jawab melindungi dan mensejahterakan warganya dalam isu kesehatan. Kegiatan advokasi juga termasuk dilakukan dalam upaya memperbaiki atau mengubah kebijakan public serta mendesakkan perubahan social (social movement) secara bertahap melalui serangkaian perubahan kebijakan public. (kebijakankesehatanindonesia.net)

Sejak tahun 1974 UPKM/CD Bethesda YAKKUM telah melakukan pelayanan kesehatan primer untuk masyarakat di hampir semua wilayah Indonesia bagian Timur, wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah dan Negara Timor Leste. Selama berproses dalam kegiatan pelayanan kesehatan primer tersebut, kegiatan advokasi kebijakan kesehatan menjadi bagian yang tak terpisahkan serta menjadi salah satu strategi dalam pencapaian indicator dari setiap program yang dilakukan di wilayah intervensi. Beberapa kegiatan yang dilakukan oleh UPKM/CD Bethesda YAKKUM antara lain adalah advokasi kepada Pemerintah Daerah untuk memberikan dukungan anggaran dalam program kesehatan kepada masyarakat. Dukungan anggaran dari Pemerintah Daerah dibutuhkan agar kualitas program kesehatan semakin meningkat dari tahun ke tahun dengan melibatkan peran masyarakat umum secara aktif sehingga capaian kegiatan menjadi lebih meningkat. 

Advokasi juga dilakukan kepada Pemerintah Daerah untuk mendukung program penanggulangan penyakit yang membutuhkan keterlibatan lintas sektor, antara lain program kesehatan ibu dan anak, penanganan penyakit menular seperti HIV & AIDS, TB, malaria, kesehatan lingkungan (akses air bersih dan sanitasi sehat), penanganan penyakit tidak menular dan kesehatan jiwa. Kegiatan advokasi dilakukan agar Pemerintah Daerah mengeluarkan kebijakan yang mendukung sinergitas program dengan organisasi pemerintah daerah (OPD) selain Dinas Kesehatan. Dengan adanya kebijakan dari Pemerintah Daerah tersebut, harapannya semakin banyak OPD yang terlibat dalam program penanggulangan penyakit sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing. 

Selain itu advokasi juga dilakukan dalam beberapa kegiatan lain yang membutuhkan dukungan dari pemangku kebijakan, antara lain usulan perubahan kebijakan terkait kesehatan yang sudah tidak relevan dengan kondisi terkini, penanganan kasus stigma dan diskriminasi serta peningkatan kualitas layanan kesehatan yang ramah kepada semua lapisan masyarakat termasuk kelompok yang termarginalkan.

 

Galeri Photo

Tim Kami

Henny Pesik
Jabatan Manajer Area Malaka Timor, NTT
"Jangan pernah berhenti bermimpi, karena mungkin suatu saat nanti mimpi kalian akan jadi kenyataan."
Sukendri Siswanto, S.Pd.,M.Kes
Jabatan Kepala Divisi Pelayanan Kesehatan Primer
"Success is walking from failure to failure with no loss of enthusiasm"
    Yosafat Ician, ST
    Jabatan Manajer Area Belu, NTT
    "Kosongkanlah genggamanmu jika ingin menggenggam sesuatu"
      Astantri T.A. Djama
      Jabatan Manajer Area Sumba Timur, NTT
      "Kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda"
        Wisnugroho, S.Sos
        Jabatan Manajer Area Alor, NTT
        "Sebuah tindakan adalah dasar dari sebuah keberhasilan"
          Panduarti Prissabat,S.E.
          Jabatan Manajer Area Kota Yogyakarta
          "Genggamlah dunia sebelum dunia mengenggammu"
            Sadinah,B.Sc
            Jabatan Staf Divisi PKP, Project Manager
            "Hidup adalah proses"
              Marta Insanti, S.Akt.,M.Ec.Dev
              Jabatan Staf Divisi PKP, Project Manager
              "Dare your dream"