Unit Pelayanan Kesehatan Masyarakat atau Community Development Bethesda yang disingkat CD Bethesda bermula dari unit program pengembangan kesehatan masyarakat yang dikerjakan Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta pada 1974 sebagai realisasi konsep “rumah sakit tanpa dinding”. Seiring perjalanan waktu, kerja-kerja pengorganisasian masyarakat yang dilakukan CD Bethesda dengan pendekatan Pelayanan Kesehatan Primer yang mampu menjangkau masyarakat luas, dinilai bukan hanya mewakili pelayanan RS Bethesda tetapi juga mencerminkan visi dan misi YAKKUM (Yayasan Kristen Untuk Kesehatan Umum) dalam pelayanan kemanusiaan dan pembangunan melalui unit extramural. Oleh sebab itu, pada awal tahun 2016, CD Bethesda dijadikan unit ekstramural yang langsung berada di bawah YAKKUM.
Berdasarkan SK Pembina Yakkum Nomor 003-Pm/CD Bethesda/l/2016 tertanggal 26 Januari 2016, CD Bethesda menjadi Unit Kerja di bawah Yakkum dengan nama Usaha Peningkatan Kesehatan Masyarakat/Community Development Bethesda Yakkum disingkat UPKM/CD Bethesda Yakkum.

Visi CD Bethesda yaitu: Terwujudnya kemandirian masyarakat yang rentan tidak terpenuhi hak-hak dasarnya melalui sistem dukungan sosial berbasis aset lokal yang sinergis dan bertumbuh dalam kerangka tujuan pembangunan berkelanjutan. Misi yang diemban yaitu: Memberdayakan masyarakat desa dan komunitas agar mampu menciptakan sistem dukungan sosial untuk memenuhi hak-hak dasar kesehatan kelompok rentan, khususnya perempuan, anak dan kelayan penyakit menular; dan mewujudkan lembaga yang mandiri dan terbaik dalam transformational development (pengembangan yang transformatif).